WhatsApp Image 2022-12-29 at 02.31.03
Home » Pendidikan » SMP Muhammadiyah Gelar Muhammadiyah School Competition

SMP Muhammadiyah Gelar Muhammadiyah School Competition

Kamis, 15 Desember 2022 01:52

Penulis : Nasrun Labata
Editor : Redaktur
JURNAL PAPUA BANNER

JP-SMP Muhammadiyah Merauke laksanakan lomba Muhammadiyah School Competition yang kedua kalinya kegiatan itu juga dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMP Muhammadiyah yang ke 21 tahun

Menurut Suwarno sebagai Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah, tujuan dari Muhammadiyah School Competition tersebut salah satunya untuk memperkenalkan SMP Muhammadiyah pada ruang-ruang publik. Rabu (14/12/2022)

Ketua panitia Ibu Hesty Ma’sumah Renhoran.yang memakai jilban unggu dan ibu Sri Irawati Wakasek Humas SMP Muhammadiyah mengenakan jilbab Abu-abu

“Sesungguhnya SMP Muhammadiyah itu menerima semua orang, tanpa mengenal golongan suku, ras, warna kulita, agama dan lain sebagainya. SMP Muhamadiyah menerima semua murid dari kalangan mana pun yang ingin masuk sekolah di SMP Muhammadiyah ini”tuturnya

Lanjut Suwarno menjelaskan, Muhammadiyah School Competition ini juga bertujuan mengali bakat, potensi anak-anak usia dini terkhusus pada jenjang SD dan SMP.

“Harapan kami dari kegiatan ini bisa memperoleh bakat-bakat, potensi anak-anak. Baik secara akademik maupun nonakademik” ucapnya.

Lelaki yang menjabat sebagai kepala sekolah itu berharap, anak-anak yang mengikuti perlombaan-perlombaan itu akan bisa disiapkan untuk mengikuti kejenjang perlombaan ditingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

Senada juga disampaikan oleh ketua Panitua Ibu Hesty Ma’sumah Renhoran, bahwa Muhammadiyah School Competition itu merupakan pemberian ruang dalam bidang keilmuan seperti Matematika, IPA, keislaman ke-Muhammadiyah dan bahasa Arab.

“Jadi dari SMP anak-anak ini sudah dibekali dengan pengetahuan IPA dan Ismuba, ketika mereka keluar dari SMP masuk ke SMA atau kedepan mereka akan masuk kejenjang kulia atau berbaur dengan masyarakat mereka sudah terbekali dengan ilmu IPA dan Ismuba.

Perlu diketahui ismuba merupakan pembelajaran yang harus di tekuni oleh setiap pelajar muhammadiyah, ismuba mempunyai pengertian yaitu: islam. muhammadiyah dan bahasa arab. bahasa arab berarti pembelajaran yang mencakup semua tentang pelajaran bahasa arab.

Hesty Ma’sumah Renhoran juga menambahkan, dalam kegiatan kompotisi itu ada 10 cabang lomba untuk internal dan 7 macam lomba untuk eksternal

“Jadi SMP Muhammadiyah ini membuat lomba tidak asal-asalan membuat lomba, tapi ada maksud dan tujuan dari lomba itu, salah satunya yaitu lomba tahfidz Alquran, tahfidz alquran ini adalah salah satunya Ikon SMP Muhammadiyah. Kami disini ada kelas tahfidz untuk membuat anak-anak lebih giat membaca Quraan menghapal dan mencintai Quraan ” ujar Hesty Ma’sumah Renhoran kepada wartwan

Hesty juga menuturkan, dari rangaian kegiatan lomba ini sebenarnya target utamanya bukan pada lombanya tapi proses dari lomba itu sendiri yang jadi target karena jika anak-anak terus latihan setiap hari maka ini akan membentuk karakter dan kemampuan dasar. Baik itu kemampuan dalam bidang olahraga, atau dalam bidang ilmu pebgetahuan.

Tags :

iklan03

Berita Terkait

Rekomendasi