WhatsApp Image 2022-12-29 at 02.31.03
Home » Opini » Lambertus T. D. Silubun, Pemuda Adalah Generasi Penerus Bangsa

Lambertus T. D. Silubun, Pemuda Adalah Generasi Penerus Bangsa

Kamis, 8 Desember 2022 08:22

Penulis :
Editor : Nasrun Labata
JURNAL PAPUA BANNER

JP-Kaum muda adalah harapan bangsa, Kaum muda adalah penerus bangsa dan juga agen perubahan bagi bangsa dan Negara kita.

Peran pemuda dalam Proses bernegara sejak dahulu sudah dijalankan, Bahkan hal-hal besar terjadi di Negara kita digerakan oleh pemuda, Baik Perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

Datangnya guru Katekis bersama Para Biarawan di Tanah Papua Selatan bagian dari semangat Pemuda, karena di Tahun 1920an Guru- guru Kei datang ke papua Selatan rata–rata Berumur 20an Tahun.

Kakek saya Melakukan Perjalanan Pertama kalipun saat berumur 17 Tahun begitu juga dengan rekan-rekannya yang rata-rata berumur 20an Tahun. Berikut kita lihat Lepasnya Negara kita dari zaman orde baru. Itu semua bagian dari perjuangan-perjuangan Pemuda pada zaman itu.

Sehingga kita pemuda pemudi pada zaman sekarang bisa menikmati Kebebasan dalam Menerima Pendidikan, Berdemokrasi dan lain sebagainya. Itu adalah hasil dari perjuangan pemuda bersama para tetua pada zamanya.

Namun perlu kita sadari bahwa kenyamanan yang kita peroleh saat ini, dapat juga menjadi hambatan jika tidak kita manfaatkan dengan sebaik baiknya. Karena zona nyaman bisa berdampak Melemahkan kita pemuda dalam menghadapi kepesatan zaman yang kian hari kian mengerus kita untuk dalam era moderenisme.

Untuk itu, kita sebagai orang muda jangan pernah berhenti untuk Berjuang dalam Kehidupan kita jangan mau nyaman tanpa melakukan sesuatu, Sebab kenyamanan yang hakiki haruslah diperjuangakan, Salah satu bentuk bDasar Perjuangan Pemuda saat ini adalah Harus memperoleh Pendidikan sebaik- baiknya, Belajar Tanpa Henti, Perjuangkan Studi Hingga selesai.

Memiliki Pendidikan yang baik memang tidak 100 % menjamin Pemuda bakal Sukses nantinya namun Bisa Memperbesar Peluang memiliki Taraf Hidup yang baik ditengah Perkembangan Zaman yang begitu Cepat.
Perkembangan DOB Papua Selatan adalah bagian dari Perkembangan yang akan menjadi tantangan Khusus untuk kaum muda Papua Selatan pada erah ini

Karena Perkembangan di daerah akan semakin cepat, arus penduduk dari luar pasti akan sangat banyak ke depannya, dan mereka datang denga Skill, Kemampuan serta edukasi yang baik.

Maka Para Pemuda yang ada di Papua Selatan harus Mulai mengembangkan diri Perkaya diri dengan Soft Skill dan Hard Skill baik didalam Pendidikan Formal dan Non Formal.

Karena apa yang dilakukan saat ini akan menunjang kehidupan Pemuda dimasa depan. Kita lihat bahwa tahun 2030 adalah Bonus Demografi. Mari perkaya diri dengan Skill dan pengetahuan agar bisa berpartisipasi dalam Bonus Demografi Indonesia pada Tahun 2030 mendatang.

Berbicara Tentang kematangan Pemuda di Papua selatan, Penulis Sebagai Pendamping dan Pembina dibeberapa Organiasi Pemuda di Merauke melihat bahwa Para Pemuda di Merauke Telah siap Menghadapi menghadapi tantangan arus demografi dengan segala persiapan tentunya

Karena dari amatan penulis banyak pemuda di Selatan Papua yang sedang mempersiapkan diri, dapat kita lihat bahwa Berdirinya Universitas Musamus Merauke dan Beberapa sekolah Tinggi lainnya Menjadi Salah satu Pilar Persiapan Para Pemuda di Papua selatan.

Karena Melalui Kampus mereka dapat memiliki Pendidikan Formal yang baik dan juga Mengenal organisasi- organisasi Pemuda. saya Lihat bahwa perkembangan Organisasi Pemuda di Merauke 5-10 Tahun Belakangan ini Berkembang dengan sangat Pesat.

Ada kelompok- kelompok Literasi, Kelompok Pecinta alam, Kelompok Etnis, bahkan Organisai yang Besiknya Agama seperti HMI, KMK, PMKRI, GMKI dan lain sebagainya dan organisasi- organisasi ini menghasilkan anak-anak muda yang Hebat-Hebat yang siap menghadapi Tantangan DOB.

Penulis : A Lambertus T. D. Silubun                 

Tokoh Pemuda Kei di Papua Selatan

Tags :

iklan03

Berita Terkait

Rekomendasi