Jadi
Home » News » Wabup Riduwan: HUT Merauke Menjadi Momentum Untuk Bangkit

Wabup Riduwan: HUT Merauke Menjadi Momentum Untuk Bangkit

Minggu, 13 Februari 2022 12:18

Penulis : Emanuel Eman Riberu
Editor : Redaktur
Wabup Merauke H Riduwan bersama sejumlah pejabat dalam acara puncak HUT ke 120 kota Merauke di. Monumen Kapsul Waktu. Foto by Emanuel Eman Riberu
1610009175

JPPuncak dari rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke120 Kota Merauke ditutup dengan acara malam hiburan di Monumen Kapsul Waktu, Sabtu (12/2/2022).

Acara ini diawali dengan doa lintas agama oleh sejumlah rohaniwan, kemudian pemotongan kue ulang tahun oleh Wakil Bupati Merauke H Riduwan, dan ditutup dengan hiburan lagu oleh sejumlah penyanyi lokal.

Syukuran HUT Merauke dihadiri Uskup Agung Merauke Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC, Danrem 174/ATW Brigjen TNI Evi Reza Pahlevi, unsur muspida dan ribuan warga.

Wakil Bupati Merauke H Riduwan mengatakan, perayaan hari jadi Merauke tahun ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, mengingat kasus Covid-19 kembali muncul dan mulai merebak di wilayah itu.

“Merauke dalam siaga pandemi Covid 19. Varian baru omicron sudah ada di sini. Karenanya, malam ini kita tetap dalam prokes. Inj perlu dipatuhi seterusnya ke depan,” kata Riduwan.

Pada kesempatan tersebut, ia mengajak seluruh warga Merauke agar peringatan hari jadi kabupaten menjadi momentum untuk bangkit bersama pemerintah daerah dalam membangun berbagai aspek kehidupan masyarakat sehingga lebih maju dan sejahtera.

“Pemda Merauke sangat konsisten membangun daerah ini. Namun tentunya dilakukan tahap demi tahap, sesuai kemampuan daerah. Dalam tahun ini kita mulai memperbaiki kekurangan melalui program yang lebih mendasar,” ujarnya.

Riduwan menambahkan, sebentar lagi masyarakat di selatan Papua akan menyongsong terbentuknya Provinsi Papua Selatan (PPS). Regulasi terkait daerah otonomi baru sementara digodok di parlemen pusat, sehingga diharapkan seluruh masyarakat mendukung.

“Semoga proses ini bisa lancar dan tiada halangan apapun, sehingga kita bisa membangun negeri Anim Ha ini bersama Kabupaten Boven Digul, Asmat, Mappi dan Merauke tentunya,” tuturnya.

Dengan kehadiran provinsi baru tersebut, generasi muda di selatan Papua diharapkan lebih siap untuk menjadi pemimpin dan membangun daerahnya.

“Terutama adik-adik saya orang asli Papua, harus menyelesaikan pendidikannya dan memanfaatkan berbagai program pendidikan yang ada. Kelak nanti bisa menjadi pemimpin dan penerus di wilayah ini,” tandasnya.

Ketua Panita HUT Merauke, Albert Rapami mengatakan pemerintah setempat telah menyelengarakan berbagai kegiatan dalam. menyambut hari jadi Merauke tahun ini.

“Di antaranya jalan santai, lomba dayung tradisional, lomba menembak, pancing, panahan, futsal, voli, sepak bola dan balap motor,” kata Albert.

Pembiayaan kegiatan dalam rangka hari jadi Merauke sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah daerah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), dan juga atas dukungan dan partisipasi pihak ketiga.

Tags :

iklan03

Berita Terkait

Rekomendasi