Jadi
Home » News » Tahun ini, Petani Merauke Dibantu 181 Alsintan

Tahun ini, Petani Merauke Dibantu 181 Alsintan

Senin, 28 Februari 2022 05:31

Penulis : Emanuel Eman Riberu
Editor : Redaktur
1610009175

JP Petani di Kabupaten Merauke mendapatkan bantuan alat-alat mesin pertanian (alsintan) dari anggota Komisi IV DPR RI daerah pemilihan Papua, Sulaeman L Hamzah di tahun ini.

“Komisi IV bermitra dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” kata Sulaeman L Hamzah saat reses di Tanah Miring, Minggu (28/2/2022).

Politisi NasDem itu mengatakan, legislator mendapat program aspirasi dari mitra kerja (kementerian), sebagaimana diatur dalam Undang-undang tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD (MP3).

“Melalui sumpah janji kami diberi kesempatan untuk menyerap sebanyak mungkin aspirasi masyarakat dan memperjuangkannya,” kata dia.

Tahun ini, Sulaeman mendapat program aspirasi, khusus sektor pertanian sebanyak 300 paket atau 300 unit alsintan. Bantuan tersebut akan dibagikan kepada petani Merauke, dan juga petani di sejumlah kabupaten lain di Papua.

“Khusus Merauke, saya bisa pastikan sebagian besar kelompok tani sudah dapat bantuan alsintan dari kami,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, konsentrasi bantuan alsintan terbanyak di Merauke, karena kabupaten itu merupakan daerah pertanian yang memang perlu ditunjang dengan infrastruktur pertanian.

“Tidak semua daerah pertanian di Papua, tapi kita boleh berbagai dengan mereka, karena ada juga basis pertanian di beberapa kabupaten lain,” tuturnya.

Sementara Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi Sulaeman L Hamzah, Fauzun Nihayah mengatakan untuk Merauke tersedia 181 alsintan yang siap dibagikan kepada kelompok tani.

“Jika ada kelompok tani yang belum menerima bantuan, dengan senang hati kami akan menerima aspirasi, terutama saudara-saudara orang asli Papua,” kata Fauzun.

Ia meminta agar kelompok tani mengajukan permohonan bantuan alsintan melalui Rumah Aspirasi di Kota Merauke.

“Pintu rumah aspirasi selalu terbuka lebar untuk bapa ibu semua, kami siap tampung karena mumpung 181 alsintan masih ada,” ujarnya.

Fauzun menambahkan, dari seratusan alsintan itu terdapat mesin vertikal drayer (pengering) padi dengan kapasitas 30 ton, 10 ton dan 3-5 ton.

“Untuk 10 ton itu akan kami salurkan ke kelompok tani di Waninggap Miraf, yang 30 ton masih ada. Untuk 3-5 ton, kami salurkan ke kampung lokal, karena mereka juga membutuhkan,” imbuhnya.

Tags :

iklan03

Berita Terkait

Rekomendasi