Jadi
Home » News » Sulaeman L Hamzah dan Fauzun Nihayah Kerja Sama Korem 174/ATW Dukung Ketahanan Pangan

Sulaeman L Hamzah dan Fauzun Nihayah Kerja Sama Korem 174/ATW Dukung Ketahanan Pangan

Sabtu, 30 Juli 2022 10:48

Penulis : Nasrun Labata
Editor : Redaktur
1610009175

JP-Dalam rangka mendukung ketahanan pangan, Korem 174/ATW bersama Anggota Komisi IV DPR RI Sulaeman L. Hamzah dan Anggota DPR Papua Fauzun Nihayah dan BPTP Papua melakukan penanaman jagung di SP 2 Tanah Miring, Kabupaten Merauke,

Menurut Kasiter Korem 174/ATW Letkol Inf. Lamberth L. Mailoa mengungkapkan bahwa sesuai kebijakan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Sem, MM, bahwa TNI Angkatan Darat hadir memberikan solusi kepada masyarakat. Jumat (29/7/2022)

“Meringankan kehidupan masyarakat. Salah satunya melalui ketahanan pangan ini” ujarnya

Kata Mailoa Danrem 174/ATW Brigjen TNI E. Reza Pahlevi memerintahkan seluruh jajaran mulai dari Kodim maupun jajaran Korem yang meliputi Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Asmat, Mappi dan Mimika untuk buka lahan di wilayah-wilayah satuan TNI Angkatan Darat.

Juga melalui program dari KSAD, Pangdam XVII/Cenderawasih, dan Danrem untuk memanfaatkan lahan-lahan tidur dari masyaralat.

‘’Salah satunya yang ada di sini. Target kita, sudah disampaikan ke satuan-satuan minimal 2 hektar. Tapi untuk Korem, ditargetkan 4-5 hektar” tuturnya

Mailoa juga mengharapkan kepada Sulaeman L. Hamzah dan Ibu Fauzun untuk bisa memperjuangkan membantu sarana prasarana pertaniannya.

‘’Kami mengharapkan dukungan dari bapak Sulaeman L. Hamzah dan Ibu Fauzun Nihayah bahwa kami dari sisi tenaga siap tetapi Sarpras yang kami miliki sangat terbatas. Karena itu, kami mohon bantuannya agar kedepan menjadi motivasi buat kita untuk membantu kami dari sarana prasarana pertanian,’’ terangnya

Senada juga disampsikan Sulaeman L. Hamzah bahwa pemerintah mempunyai komitmen untuk mengembangkan komoditas dalam rangka ketahanan pangan nasional dianjurkan untuk memanfaatkan sebanyak-banyaknya lahan tidur yang ada di semua wilayah.

‘’Alhamdulillah, dari TNI sudah ada kerja sama dengan Kementrian Pertanian dan bagian itu, saya mitra strategis yang langsung di Komisi IV ini dengan pertanian, lalu Kementrian Kelautan dan Perikanan dan lingkungan Hidup. Khusus pertanian, memang sekarang lagi dikembangkan,’’ucap sulaeman

Pemerintah sejak lama, lanjut Sulaeman L. Hamzah, pemerintah menginginkan 3 komoditas dapat mencapai swasembada yakni padi, jagung dan kedelai.

‘’Untuk padi dalam 3 tahun terakhir ini kita tidak mengimpor beras lagi. Jagung sudah mencapi plafon yang kurang lebih swasembada. Tapi masih terus dikejar untuk pakan ternak, karena masih terus di impor dari luar” lanjutnya

Oleh Karenanya , dengan pengembangan jagung di Papua ini akan menjawab kebutuhan nasional dna mungkin juga akan terus berkembang dan bisa kita ekspor dari Papua ini.

lanjut dia Sulaemam, kerja sama dengan TNI terus dibangun. Bahkan saat jaman Danrem Supartodi, pihaknya membantu dengan roda empat namun terputus karena komunikasi sata itu tidak terlau intens.

Namun dengan komunikasi yang kembali dibangun, maka Sulaeman L. Hamzah akan perjuangkan untuk kepentingan yang lebih besar kedepan.

Dalam kesempatan itu, Kepala BPTP Papua Dr. Ir. Martina Sri Lestari, MP menyerahkan berbagai bibit kepada Korem 174/ATW untuk ditanam, mulai dari bibit jagung, bibit kacang hijau, bibit berbagai jenis sayur, bibit pisang tanpa jantung dan berbagai bibit lainnya untuk dapat dikembangkan di Merauke.

Tags :

iklan03

Berita Terkait

Rekomendasi