Jadi
Home » News » Menuju Wilayah Bebas Korupsi BPS Mappi Canangkan Zona Integritas

Menuju Wilayah Bebas Korupsi BPS Mappi Canangkan Zona Integritas

Kamis, 17 November 2022 11:15

Penulis : Irwan Awaludin
Editor : Nasrun Labata
1610009175

JP-Badan Pusat Statistik Kabupaten Mappi Mencanangkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Bertempat di Aula Kantor BPS Mappi, Kepala Badan Pusat Statistik Arther Ludwiq Purmiasa saat sambutan menyampaikan pencanangan zona integritas mendukung program pemerintah untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan organisasi yang baik efektif dan efisien. Kamis (16/11/2022)

Sehingga kata dia dapat melayani masyarakat secara cepat,tepat dan profesional, dalam mewujudkan good governance dan clean goverment menuju Aparatur sipil Negara yang bersih bebas dari KKN.

Meningkatkan pelayanan prima meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja, sejak diterbitkannya permen RB nomor 60 tahun 2012 dan diperbaharui kembali melalui permen RB nomor 52 tahun 2014 tentang pembangunan zona integrated,

“Integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bebas dan wilayah birokrasi bersih dan melayani, BPS secara tepat beradaptasi dengan instruksi tersebut hal ini ditujukan dengan pencanangan pembangunan zona integritas yang dilakukan BPS Republik Indonesia” ujarnya

Pada tanggal 10 Februari 2014 yang melibatkan seluruh Unsur pimpinan BPS RI dan BPS provinsi seluruh Indonesia dengan menghadirkan unsur pimpinan komisi pemberantasan korupsi Kemenpan RB Ombudsman RI dan pihak yang menjadi saksi pada deklarasi tersebut.

Kepala Badan Pusat Statistik Arther Ludwiq Purmiasa menambahkan, untuk diketahui bersama, Reformasi Birokrasi BPS yang dibangun sejak tahun 2010 telah mengalami beberapa penyesuaian dan hingga saat ini. RB-BPS terdiri dari 8 (delapan) area perubahan yang meliputi manajemen perubahan, peraturan perundang- undangan, SDM, tatalaksana, pengawasan, pelayanan publik.

Akuntabilitas dan culture-set pegawai BPS dengan ouput dan outcome dari RB-BPS itu sendiri adalah terciptanya Satker BPS yang bebas dari praktek KKN, memiliki akuntabilitas baik dan berkinerja tinggi.

Seluruh agenda pembangunan Zona Integritas BPS Kabupaten Mappi telah berjalan sesuai track yang diharapkan.

“Selanjutnya kedepan salah satu agenda besar kami adalah membangun suatu kolaborasi serta elaborasi yang kuat dengan berbagai stakeholders terkait”ucap Arther Ludwiq Purmiasa

Beranjak dari amanah Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, peran BPS menjadi sangat sentral. Untuk menjawab tuntutan serta kebutuhan ini, maka BPS Kabupaten Mappi telah berkomitmen untuk menjadi institusi yang bekompeten dalam menghasilkan data berkualitas serta menjadi partner pembangunan di Kabupaten Mappi.

Salah satu langkah awal di Tahun 2022, BPS Kabupaten Mappi, mulai dari unsur pimpinan hingga seluruh jajaran akan mendeklarasikan bersama pencanangan pembangunan Zona Integritas dengan suatu ketetapan integritas yang tinggi.

“Pada kesempatan kali ini saya mengajak untuk seluruh elemen masyarakat, mulai dari jajaran Pemerintahan Daerah, akademisi, para pengamat serta pemerhati pembangunan di Kabupaten Mappi untuk dapat memberi dukungan kepada kami, sehingga pelaksanaan perstatistikan di Kabupaten Mappi dapat berdaya guna untuk kebutuhan perencanaan dan evaluasi daerah, serta mewujudkan tatanan zonasi yang berintegritas dan berkinerja unggul” imbuhnya

Setelah ini lanjut Arther Ludwiq Purmiasa,
akan dilakukan prosesi penandatanganan Pencanangan Zona Integritas BPS Kabupaten Mappi.

Apresiasi yang tinggi kami berikan untuk para saksi yang berkenaan hadir dan mengambil bagian dalam acara saat ini. Harapan kami kedepan, melalui Pencanangan Zona Integritas saat ini, BPS Kabupaten Mappi akan lebih responsif dalam menjawab kebutuhan daerah terutama di lingkup Pemerintahan Kabupaten Mappi maupun kebutuhan data seluruh stakeholders terkait.

Tags :

iklan03

Berita Terkait

Rekomendasi