Jadi
Home » News » Mencontoh Ahlak Nabi Muhammad SAW Dalam 5 M

Mencontoh Ahlak Nabi Muhammad SAW Dalam 5 M

Minggu, 16 Oktober 2022 10:00

Penulis : Irwan Awaludin
Editor : Redaktur
1610009175

JP-Taman Pengajian AlQuran TPQ  As Salaam Memperingati Maulid Nabi Muhammad 1444 H bertepatan 15 Oktober 2022 bertempat di Aula TPQ As Salaam Jl.Poros Agham Km.4 Kepi.

Hadir pada kesempatan itu Anggota Yonif Rider 600 Modang, Ketua PKM Mesjid Se-Kabupaten Mappi, Ormas GP Ansor, Banser , Tokoh Masyarakat, orangtua santri/santriwati  TPQ As Salaam.

Hikmah tausiah Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di sampaikan oleh Al Ustad KH. Muhammad Tahir Sulaiman yang juga imam besar Mesjid Agung di Kabupaten Mimika dan juga pengasuh Pondok Pesantren DDI di Mimika. 

Dai cilik TPA AS Salaam ananda Galih,Indi dan Irwan  menyampaikan ada lima M yang harus di contoh. M yang pertama adalah mencontoh meneladani ahlak Nabi Muhammad dari semua aspek kehidupan sebagaimana firman Allah SWT Surah Al Ahzab Ayat 21 yang artinya.

” Sesungguhnya telah ada pada diri Rasullulah suri tauladan yang baik” , 

M yang kedua adalah merubah apakah yang di maksud yaitu merubah yang negatif menjadi positif, seperti yang tadinya malas belajar menjadi rajin belajar, yang tadinya malas aholat jadi rajin sholat, yang tadinya lupa waktu gara-gara main HP jadi ingat waktu dan kurangi main HP  jangan gara-gara main game online lupa waktu dan lupa mengaji.

M yang ketiga adalah membiasakan, amalan yang rutin biar sedikit disukai oleh Allah SWT dari pada amalan – amalan yang jarang dilakukan betul apa betul.

M  yang ke empat adalah membaca Al Quran dan Hadist. Dua wasiat Rasul yang ditinggalkan oleh kita maka jangan lupa membaca dan mempelajarinya.

M yang kelima adalah melantunkan sholawat ayo bapak ibu sekalian kita melantunkan sholawat bersama-sama.

Ini adalah isi dari pada ceramah yang disampaikan oleh Dai cilik dalam mengisi acara peringatan Maulid Nabi Muhammad Tahun 1444 Hijriah dan merupakan pertama kali di adakan oleh TPQ AsSalaam .

Ketua TPQ ASSalaam Muhammad Syaifulloh mengatakan awal berdirinya TPQ ini saat pandemi covid 19 melanda anak-anak sekitar tempat tinggal ini mengaji di depan teras rumah seiring waktu berjalan semakin banyak sehingga pengurus dan orang tua santri sepakat membangun 1 buah gedung atau Aula TPQ. 

Ketua TPQ AsSalaam Muhammad Syaifulloh mengucapkan terima kasih atas bantuan pengurus ,orangtua santri dan para donatur yang selalu mendukung proses baca tulis Al-Quran dan juga Tafidz Quran.

“Acara Maulid Nabi Muhammad ini adalah dari kita dan untuk kita karena santriwan dan santriwati kita menampilkan Tafidz Quran ,Sholawat dan Ceramah Dai oleh Cilik , ini adalah sarana agar para santri dapat proses belajar dalam mengembangkan diri ,menguji mental. “Tuturnya.

Tags :

iklan03

Berita Terkait

Rekomendasi