Jadi
Home » News » Hasil WSG, Varian Omicron dan Delta Sudah Menyebar di Merauke

Hasil WSG, Varian Omicron dan Delta Sudah Menyebar di Merauke

Kamis, 10 Februari 2022 04:12

Penulis : Abdel Syah
Editor : Redaktur
foto ilustrasi virus varian omocron
1610009175

JPMerauke – Juru Bicara Satgas Covid – 19 Papua Dr. Silwanus Sumule, melaporkan laporan Covid -19 varian omicron dan delta telah menyebar kota jayapura dan Kabupaten Merauke

Berdasarkan hasil pemeriksaan WGS ( whole fenomena sequencing) – Sarscov-2, tertanggal 9 Febuari 2022 yang diperiksa pada Litbangkes Papua dan telah di konfirmasi oleh Litbangkes Pusat Kemenkes, di rincikan, dari 40 sampel yang layak diperiksa antaranya, 33 sampel positif omicron di Kota Jayapura. Serta 7 sampel positif, (6 omicron dan 1 delta) untuk di Kabupaten Merauke.

Untuk penyebaran varian omicron dan delta di Kabupaten Merauke dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke Nevile Muskita. Nevile meminta masyarakat untuk tetap jaga prokes dan lakukan Vaksin.

“masyarakat diminta jangan lengah. masyarakat harus taat prokes dan wajib vaksin, itu kuncinya. ” ujarnya melalui sambungan telepon seluler, Kamis (10/2/2002)

Walaupun varian omicron dan delta telah menyebar di Merauke, namun pemerintah daerah belum menaikan status siaga maupun penerapan pembatasan sosial.

Kata Nevile, penerapan status level dan pembatasan sosial berdasasarkan intruksi mendagri.

“kami belum menerima intruksi mendagri walaupun saat ini ada penyebaran varian baru. ” ungkanya kepada media ini melalui telpin seluler.

Walau demikian, penerapan pembatasan sosial masyarakat bakal dilakukan.

“Karena peningkatan kasus yang signifikan, kami telah aktifkan kembali satgas covid 19. Pembentukan satgas ini untuk melakukan pengetatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Disinggung soal adanya sejumlah kegiatan pemerintah daerah yang melibatkan banyak orang dalam rangka menyambut HUT Kota Merauke ke 120 tahun, seperti kegiatan pasar UMKM dan Pangung hiburan yang tengah berlangsung. Nevile menegaskan kegiatan itu nantinya akan di evaluasi pemerintah daerah.

” nanti ada evaluasi soal keramaian karena ada sejunlah kegitan pemerintah yang melibatkan berkumpulnya masyarakat,” ujarnya.

Nevile menambahkan, hingga Rabu (9/2/2002) data kasus orang dengan covid 19 mencapai 96 kasus. Itu artinya dalam sepekan terjadi lonjakan kasus.

” orang dengan covid -19 saat ini menjalani isolasi mandiri” tuturnya.

Tags :

iklan03

Berita Terkait

Rekomendasi