Jadi
Home » News » Cegah Penyakit Karantina Merauke Musnahkan Bibit Jeruk Dan Ayam

Cegah Penyakit Karantina Merauke Musnahkan Bibit Jeruk Dan Ayam

Senin, 21 November 2022 02:29

Penulis : Nasrun Labata
Editor : Redaktur
1610009175

JP-Badan Karantina Pertanian melalui Karantina Pertanian Merauke melakukan pemusnahan tiga bibit jeruk asal Kediri dan dua ekor ayam asal Tual di Incenerator Karantina. 

Media pembawa yang dimusnahkan merupakan hasil dari pengawasan petugas Karantina di Wilayah Kerja Bandar Udara Mopah dan Pelabuhan Laut Merauke beberapa hari yang lalu. Jumat (18/11/2022).

“Pemusnahan dilakukan sebagai langkah untuk mencegah penyebaran penyakit Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD) dan penyakit Avian Influenza (AI) di Kabupaten Merauke” ungkap Cahyono selaku Kepala Karantina Pertanian Merauke.

Kata Cahyono, Pemilik barang dalam hal ini telah melanggar Instruksi Gubernur Provinsi Irian Jaya No. 2 Tahun 2000 Tentang Larangan Peredaran Benih Jeruk dalam Rangka Pengendalian Penyebaran Penyakit CVPD di Wilayah Propinsi Irian Jaya.

“Pemilik juga melanggar Keputusan Gubernur Provinsi Papua No. 158 Tahun 2004 tentang pemasukan unggas dan produknya ke Provinsi Papua” tambahnya

Cahyono pun mengajak masyarakat Merauke untuk melaporkan komoditas pertanian yang akan dilalulintaskan.

“Hal ini untuk memastikan setiap hewan maupun tumbuhan dan produk turunannya dalam keadaan sehat dan aman dikonsumsi” tutupnya.

Tags :

iklan03

Berita Terkait

Rekomendasi