WhatsApp Image 2022-12-29 at 02.31.03
Home » News » Atasi Kelangkaan Pupuk, Sulaeman L Hamzah Lakukan Bimtek optimalisasi pupuk organik

Atasi Kelangkaan Pupuk, Sulaeman L Hamzah Lakukan Bimtek optimalisasi pupuk organik

Selasa, 6 Desember 2022 09:30

Penulis : Nasrun Labata
Editor : Redaktur
JURNAL PAPUA BANNER

JP-Anggota DPR RI Komisi IV lakukan bimbingan teknis (Bimtek) dalam rangka optimalisasi pupuk organik untuk pengembangan usaha pertanian.

Menurut H Sulaeman L Hamzah bahwa bimbingan teknis optimalisasi pupuk organik ini untuk mendorong petani di Merauke lebih produktif dalam bertani. Selasa (6/12/2022)

Oleh karenanya mendorong optimalisasi pupuk organik sangat penting ditengah keterbatasan pupuk bersubsidi.

Kata Anggota DPR RI Komisi IV itu, Keluhan tentang pupuk ini hampir semua daerah di indonesi mengeluhkan kelangkaan pupuk, mulai dari Jawa Timur, Aceh, Medan, Papua dan dareh lainya juga mengeluhkan kelangkaan pupuk.

“Sering kita mendapat keluhan tentang keterbatasan pupuk tapi perlu bapak ibu ketahui salah satu faktor kelangkaan pupuk adalah imbas dari terjadinya perang antara Ukraina dan Rusia sehinga bahan baku pupuk tidak bisa diekspor ke Negeri kita, bahkan berhenti total ekspornya” ucap Sulaeman L Hamzah dalam sambutanya.

Lanjut Sulaemam, Walaupun pupuk subsidi kurang lancar namun kita juga harus mengandalkan kesuburan tanah dengan cara yang lain.

“Dari pembahasan kami DPR RI kesulitan ini harus diatasi dengan memperbanyak produksi pupuk organik yang dimulai dari para petani memproduksinya” tuturnya

Diketahui bahan baku pembuatan pupuk organik ini sebagian atau seluruhnya berasal dari tanaman dan atau hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan mensuplai bahan organik memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah

Pupuk organik ini juga mempunyai beragam jenis dan varian. Jenis-jenis pupuk organik dibedakan dari bahan baku, metode pembuatan dan wujudnya.

Dari sisi bahan baku ada yang terbuat dari kotoran hewan, hijauan atau campuran keduanya. Dari metode pembuatan ada banyak ragam seperti kompos aerob, bokashi, dan lain sebagainya. Sedangkan dari sisi wujud ada yang berwujud serbuk, cair maupun granul atau tablet.

Tags :

iklan03

Berita Terkait

Rekomendasi