Jadi
Home » News » Anggota DPRD di Selatan Papua Diminta Mendukung Pemekaran PPS

Anggota DPRD di Selatan Papua Diminta Mendukung Pemekaran PPS

Selasa, 8 Februari 2022 08:40

Penulis : Emanuel Eman Riberu
Editor : Redaktur
Foto istimewa: Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Benny Latumahina
1610009175

JP – Anggota DPRD Kabupaten Merauke, Mappi, Boven Digul dan Asmat (wilayah selatan Papua, red) diminta untuk mendukung pemekaran Provinsi Papua Selatan (PPS).

Ketua DPRD Merauke, Benny Latumahina mengatakan, Komisi II DPR RI bakal membahas Rancangan Undang-Undang tentang Pembentukan Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota pada 18 Februari 2022.

“Informasi yang kami peroleh bahwa pembahasan itu akan menentukan apakah RUU tentang pemekaran diteruskan atau tidak. Kalau disetujui untuk diteruskan, maka ditindaklanjuti,” kata Benny, Selasa (8/2/2022).

Pembahasan tersebut menurut Benny sangat penting, karena menyangkut juga dengan kelanjutan aspirasi pemekaran PPS. Sehingga seluruh anggota dewan di selatan Papua diminta untuk mendukung proses dan tahapan penyusunan regulasi hingga ditetapkan UU pembentukan daerah otonomi baru.

“Perlu spirit dari semua fraksi DPRD di selatan Papua terhadap proses pemekaran ini. Kita harus menyuarakannya melalui fraksi-fraksi yang ada di Komisi II DPR RI agar dilanjutkan pembahasannya,” ujar Benny.

Berkaitan dengan hal tersebut, DPRD Merauke telah melakukan pertemuan dengan Tim pemekaran PPS. Dalam pertemuan dimaksud, setiap fraksi diberikan ikhtisar pemekaran PPS untuk dipelajari, kemudian didorong dan dikomunikasikan dengan masing-masing fraksi di Komisi II DPR RI.

“Kami berharap agar setiap komisi dan fraksi bisa memberikan dukungan pemekaran, terutama pada saat paripurna tanggal 18 Februari nanti,” katanya.

DPRD Merauke juga meminta kepada para bupati di empat kabupaten agar tetap membangun komunikasi intens serta bersatu dalam memberikan dukungan terhadap pemekaran daerah.

“Kami juga mendapat informasi bahwa sebelum pembahasan dilakukan, perwakilan dari Komisi II akan berkunjung ke Merauke. Kesempatan ini bisa kita manfaatkan untuk diskusi terkait aspirasi dan dukungan pemekaran PPS,” imbuhnya.

Tags :

iklan03

Berita Terkait

Rekomendasi